Cara Sederhana Tapi Ampuh Merawat Suspensi Mobil

Tips cara merawat suspensi - salah satu komponen yang pastinya ada di dalam sebuah kendaraan yang bisa membuat si penumpangnya merasa nyaman selama berkendara yaitu suspensi mobil. Tanpa komponen yang satu ini tentu saja getaran yang diterima oleh kendaraan beroda empat sewaktu melaju dijalanan akan eksklusif terasa ke badan kita sehingga rasa nyaman dalam berkendara pun tidak akan anda dapatkan.

 salah satu komponen yang pastinya ada di dalam sebuah kendaraan yang bisa membuat si pen Teknik Sederhana Tapi Ampuh Merawat Suspensi Mobil


Nah saking pentingnya komponen yang satu ini, anda pun wajib melaksanakan perawatan biar nantinya suspensi kendaraan beroda empat tidak simpel rusak, kalau rusak pastinya anda sendiri bukan yang akan mencicipi alhasil ?. Merawat suspensi kendaraan beroda empat ini tolong-menolong sangat sederhana, namun tak banyak orang yang tahu, atau sudah tahu tapi lupa untuk menerapkannya sehingga kerusakan suspensi kendaraan beroda empat akan lebih sering terjadi.

Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara merawat suspensi mobil yang sangat sederhana ini, atau anda yang lupa bisa disimak beberapa cara simpel dalam merawat suspensi kendaraan beroda empat dibawah ini.

Tidak mengangkut beban berlebih

Teknik paling sederhana pertama yaitu tidakboleh sekali kali memaksakan kendaraan beroda empat anda untuk digunakan mengangkut beban yang melebihi kapasitas terbaiknya. Tiap jenis kendaraan mempunyai tonase atau daya angkut terbaiknya masing masing, bila anda memaksakan kendaraan beroda empat untuk mengangkut muatan yang terlampau banyak, maka sudah bisa dipastikan selain suspensi simpel sekali bocor, juga akan sangat berbahaya, kendaraan beroda empat bisa oleng atau terbalik gara gara ngeyel mengangkut barang terlalu banyak.

Atur tekanan udara ban sesuai kebutuhan

Selanjutnya biar suspensi kendaraan beroda empat anda menjadi lebih awet, selain memperhatikan seberapa berat muatan yang kita bawa, pastikan juga anda mengatur atau menyesuaikan seberapa tinggi tekanan udara yang ada pada ban, ingat bahwa salah satu fungsi dari ban ialah sebagai peredam getaran yang diterima sewaktu kendaraan melaju di jalanan, sebelum nantinya getaran yang sudah teredam ini dieruskan untuk diredam kembali dengan shock absorber. Menggunakan tekanan udara pada ban yang kurang sesuai, selain sanggup mempercepat proses kerusakan suspensi mobil, juga sanggup mengakibatkan kerusakan pada ban kendaraan beroda empat itu sendiri, contohnya bila tekanan angin terlalu rendah akan membuat ban menjadi makan sisi luar sekaligus sisi dalam, bila tekanan pada angin ban terlalu keras bisa menjadikan ban menjadi simpel bengkak dikala menghantam lubang / gundukan di jalanan dan bahkan tekanan angin yang terlalu tinggi bisa mempercepat kerusakan shockbreaker.

Perlambat laju kendaraan beroda empat ketika lewat jalanan kurang bagus

Teknik sederhana untuk merawat suspensi kendaraan beroda empat biar tidak simpel rusak selanjutnya yaitu kurangi kecepatan kendaraan beroda empat ketika melewati jalanan yang tidak cantik atau rintangan lain menyerupai ketika melewati banyak polisi pulas, melewati rel kereta api. melaluiataubersamaini anda memperlambat laju kendaraan beroda empat ketika melewati jalanan yang tidak cantik maka anda sudah melaksanakan upaya untuk merawat suspensi kendaraan beroda empat biar awet.


Parkirkan kendaraan di jalanan yang rata

Memarkirkan kendaraan beroda empat di lokasi yang posisinya tidak rata alias miring, tentu akan membuat berat body kendaraan beroda empat akan menuju ke sisi dimana kendaraan beroda empat tersebut miring, sehingga salah satu suspensi akan menopang lebih berat beban ketimbang suspensi lainnya. Hal ini tentunya akan membuat umur suspensi tersebut menjadi lebih singkat.


Perbaiki segera kerusakan sistem suspensi sekecil mungkin

Jika ada salah satu komponen yang termasuk kedalam sistem suspensi kendaraan beroda empat yang mengalami kerusakan, segera mungkin lakukan penggantian komponen tersebut biar nantinya tidak merembet dan merusak komponen lainnya.

Baca juga : Mengenal sistem suspensi kendaraan beroda empat dan fungsinya

Nah tolong-menolong merawat suspensi kendaraan beroda empat itu sangat sederhana dan simpel sekali bukan ? namun kenyataannya di masyarakan umum masih banyak yang lupa beberapa hal diatas, bahkan banyak yang menggeber mobilnya dengan kecepata tinggi di jalanan yang rusak mentang mentang kendaraan beroda empat miliknya mahal dengan suspensi yang yummy dan sanggup melaksanakan peredaman dengan baik. Semoga bermanfaa.



Tag : suspensi
0 Komentar untuk "Cara Sederhana Tapi Ampuh Merawat Suspensi Mobil"

Back To Top