Wednesday, October 10, 2018
Mengenal chasis mobil - di masyarakat umum mungkin anda sering kali mendengar istilah chassis / sasis monokok ( monocoque ) dalam istilah otomotif roda empat, hal ini dikarenakan kebanyakan kendaraan beroda empat gres lebih banyak mengaplikasikan chassis model ini, meskipun jenis jenis chassis model lain tetap dipergunakan dan dipertahankan ke eksisannya.
Chassis yang terdapat pada sebuah kendaraan khususnya kendaraan beroda empat layaknya kerangka badan insan dimana chassis ini menopang keseluruhan kontruksi dan beban kendaraan diatasnya. Sebenarnya selain chassis jenis monocoque atau monokok, masih banyak lagi jenis chassis kendaraan beroda empat lainnya yang mungkin saja anda bahkan belum pernah mengetahuinya. Nah maka dari itu pada peluang kali ini kami akan menyuguhkan kepada pembaca terkena aneka macam jenis chassis kendaraan beroda empat sehingga diperlukan sanggup menambah wawasan pengetahuan di bidang otomotif.
1. Chassis monokok / monocoque
Yang pertama yaitu chassis kendaraan beroda empat jenis monokok dimana bentuk dari chassis kendaraan beroda empat ini menyatu terhadap body mobil. Dibuat dari lipatan lipatan plat baja berpengaruh namun enteng yang selanjutnya digabungkan menjadi satu kesatuan utuh terhadap body mobil. melaluiataubersamaini demikian maka beban kendaraan beroda empat pun menjadi lebih enteng dengan adanya chassis ini, efeknya sudah tentu niscaya yaitu meningkatkan efisiensi pemakaian materi bakar kendaraan.
|
Bentuk dari chassis jenis monokok |
Selain itu lantaran chassis tersebut menyatu dengan mobil, dikala kendaraan beroda empat melewati jalanan yang kurang manis akan membuat ruang kabin menjadi lebih aman, alasannya yaitu gaya benturan akan eksklusif disalurkan dan diserap oleh seluruh body mobil. Berbeda dengan jenis chassis terpisah mirip ladder frame dimana ketika terkena hentakan, akan ada bab kepingan body kendaraan beroda empat yang suara dan terasa tidak nyaman. Untuk info lebih jauh ihwal chassis jenis monocoque ini silahkan baca goresan pena kami lainnya di bawah ini.
Baca : Mengenal chassis kendaraan beroda empat model monocoque / monokok
2. Chassis ladder frame
|
Bentuk chassis ladder frame yang mirip tangga ( ladder ) |
Dinamakan chassis ladder frame lantaran model atau bentuk chassis ini mirip dengan tangga dan chassis model ladder frame ini yaitu salah satu jenis chassis kendaraan beroda empat paling renta yang sampai dikala ini masih digunakan dan tetap eksis untuk diaplikasikan ke kendaraan pengangkut heavy duty mirip chassis yang digunakan untuk minibus, bus, truk dan kendaraan berat sejenisnya. Ukuran chassis ladder frame ini tidak mengecewakan berat sehingga nantinya selain bermanfaa untuk menopang beban angkut yang berat juga akan mempengaruhi performa kendaraan. Maka dari itulah chassis model ini tidak lagi diaplikasikan untuk kendaraan beroda empat kecil.
3. Chassis Tubular Space Frame
|
Bentuk chassis tubular space frame yang mirip bentuk mobilnya |
Model chassis selanjutnya selain kedua jenis chassis diatas, ada lagi jenis chassis yang dinamakan chassis tubular space frame. Model chassis ini dirancang dengan memakai aneka macam macam jenis besi balok maupun besi pipa menjadi satu rangkaian utuh dimana bentuk dari chassis ini hampir mirip dengan kontruksi kendaraan yang digunakan. Jenis chassis model ini paling banyak diaplikasikan ke kendaraan balap / kendaraan beroda empat balap. Untuk berpengaruh lemahnya chassis tubular space frame ini pun dipengaruhi oleh dua hal, yang pertama yaitu kualitas mutu materi chassis, dan yang kedua yaitu kualitas dari sambungan sambungan las nya.
4. Chassis backbone
|
Bentuk dari chassis backbone ( tulang punggung ) |
Sesuai dengan namanya yakni backbone, model dan desain dari chassis ini bentuknya mirip dengan tulang punggung dimana struktur di bab depan dan di bab belakang saling terhubung dengan rangka tube yang posisinya melintang di sepanjang tengah kendaraan. Chassis model backbone ini hampir tiruananya mempunyai struktur yang kaku, serta chassis ini mempunyai kemampuan untuk menahan seluruh beban diatasnya, kebanyakan chassis ini diaplikasikan kedalam kendaraan beroda empat jenis sport car.
5. Chassis aluminium space frame
|
Seluruh desain chassis terbuat dari materi aluminium |
Chassis jenis ini ialah model chassis yang dikembangkan pertama kali oleh pabrikan kendaraan beroda empat Audi bersamaan dengan sebuah perusahaan pembuatan aluminium Alcoa. Walaupun rangka ini lebih kaku, model dari chassis aluminium space frame ini didesain untuk dijadikan pengganti dari chassis monokok dimana mempunyai keunggulan utama yakni bobotnya lebih enteng sekitar 40% dari bentuk chassis yang dibentuk sama persis namun memakai material non aluminium.
Nah itulah tadi beberapa jenis chassis kendaraan beroda empat yang banyak digunakan di kendaraan yang ada dipamasukan. Untuk jenis jenis chassis lain bersama-sama masih banyak namun yang terkenal yaitu 5 jenis chassis kendaraan beroda empat yang kami uraikan diatas. Semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa dibagikan.
0 Komentar untuk "Jenis Jenis Chassis Kendaraan Beroda Empat Lengkap"