Isuzu Elf Minibus Narik Kiri, Lakukan Hal Ini

Mobil minibus ELF narik kiri - Isuzu ELF model minibus ialah salah satu kendaraan angkutan massal yang paling banyak dipakai oleh para pengusaha tour dan travel lantaran selain mesin Isuzu yang populer bandel, juga sangat efisien soal penerapan materi bakar sehingga lebih hemat dipakai sebagai kendaraan beroda empat niaga, khususnya angkutan penumpang.



Kerusakan yang terjadi pada minibus ELF ini yang sering terjadi tidaklah membuat kantong sang empunya kendaraan beroda empat jebol asalkan mereka selalu rutin melaksanakan investigasi dan perawatan terencana baik itu perawatan mesin nya maupun perawatan embel-embel menyerupai spooring dan balancing guna menjaga supaya kondisi kaki kaki kendaraan beroda empat tetap sehat.

Untuk duduk perkara seputar spooring sendiri yang paling sering terjadi ialah setir kemudi yang miring dan minibus cenderung narik ke kiri sendiri sewaktu setir kendaraan beroda empat dilepas. Banyak sekali penyebab kenapa hal ini sanggup terjadi mulai rem tromol depan yang macet disalah satu sisinya, kondisi ban yang bengkak di salah satu sisinya, hingga yang tidak masuk nalar ialah tidak ditemukannya kerusakan baik pada sistem rem maupun ban yang benjol, namun kendaraan beroda empat tersebut cenderung narik ke kiri.

Bagi sopir minibus khususnya minibus Isuzu ELF anda sanggup mencoba mengatasi kendaraan beroda empat minibus ELF yang narik kekiri dengan melaksanakan rotasi ban, lakukan pemindahan ban potongan depan kiri dan depan kanan, tidakboleh lupa rapatkan dan kencangkan mur roda dan cobalah lakukan tes jalan kembali. Jika minibus masih dirasa narik kekiri, coba lakukan rotasi pada potongan ban depan kanan dan belakang kanan, tidakboleh lupa rapatkan dan kencangkan kembali mur rodanya dan cobalah lakukan tes jalan.

Baca juga : Teknik spooring truk bus minibus sendiri dengan meteran

Ingat tips diatas sanggup kalian lakukan sehabis melaksanakan investigasi understeel kendaraan beroda empat termasuk mengusut king pin, bearing roda, kondisi rem depan, serta kondisi ban yang lingkaran sempurna. Rem yang macet sebelah maupun ban yang bengkak / putarannya tidak lingkaran tepat sanggup menimbulkan kendaraan beroda empat cenderung lari kiri.

Teknik mengecek kondisi rem yang macet

Silahkan anda dongkrak potongan depan kendaraan beroda empat hingga kedua roda terangkat dan tidak menyentuh ke tanah, kemudian silahkan anda pompa pedal rem, sehabis itu coba putar roda depan kendaraan apakah terputar dengan tepat atau terdapat indikasi rem macet. Jika rem kendaraan beroda empat terasa macet silahkan anda setel atau lakukan perbaikan terlebih lampau.

Teknik mengusut kondisi ban kendaraan beroda empat yang benjol

Tekniknya sama dengan cara diatas yakni dongkrak potongan depan kendaraan hingga roda roda potongan depan terangkat sepenuhnya. Selanjutnya silahkan anda putar roda tersebut memakai tangan sehingga ban akan terputar dengan kencang, selanjutnya anda sanggup mengusut putaran roda tersebut baik dari arah sisi maupun dari arah depan. Jika ban tersebut bengkak sebaiknya ganti dengan ban yang kondisinya bagus, lantaran ban bengkak bila ditaruh depan akan memdiberi pengaruh narik ke salah satu sisi, sedangkan bila ditaruh di posisi belakang akan membuat body kendaraan beroda empat menjadi goyang.


Teknik mengusut kerusakan king pin

Kerusakan yang terjadi pada sebuah king pin ialah adanya celah atau oblak dikala roda kendaraan beroda empat digoyangkan ke arah atas bawah, maupun kondisi king pin yang macet akhir kurangnya pelumasan. Teknik memeriksanya sangat gampang, silahkan anda angkat potongan depan kendaraan hingga roda terangkat seluruhnya, kemudian mintalah menolongan mitra guna menginjak pedal rem sekuat mungkin, hal ini wajib bila anda ingin mengetahui kerusakan king pin. Selanjutnya anda pegang roda kendaraan beroda empat di potongan atas dan bawah atau posisi jam 12 dan jam 6, kemudian gerak gerakkan atau goyangkan kearah luar dalam, bila terasa adanya freeplay atau terasa oblak hal ini mengambarkan bahwa king pin mengalami kerusakan. Cek juga apakah king pin macet atau tidak, caranya silahkan anda belokkan roda tersebut kekiri dan kekanan, bila dirasa berat sanggup dipastikan bahwa king pin tersebut macet.

Untuk hasil terbaik tentunya ada lakukan spooring dan balancing di daerah langganan anda maupun di bengkel resmi terdekat. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Isuzu Elf Minibus Narik Kiri, Lakukan Hal Ini"

Back To Top