Cara Menghitung Pemakaian Listrik Jet Cleaner Steam Basuh Motor

Hitung biaya pemakaian listrik alat steam - perjuangan basuh motor dan basuh kendaraan beroda empat cukup umur ini semakin menjamur dimana mana, mulai dari perkotaan hingga di wilayah pelosok pedesaan pun sudah ada yang membuka jasa perjuangan basuh motor dan kendaraan beroda empat menyerupai ini. Mulai dari cara mencuci yang sederhana hingga dengan yang paling canggih memakai robotik pun ada, namun pada peluang kali ini kami akan mengulas pembersihan kendaraan beroda empat dan motor yang memakai alat jet cleguar atau alat steam cuci.

Setiap perjuangan tentu saja yang dicari yaitu keuntungannya, dan untuk memilih sebuah laba sudah barang tentu kita harus mengetahui seberapa besar pengeluaran kita, untuk basuh kendaraan beroda empat dan basuh motor ini ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan yang diantaranya yaitu biaya pembelian air, biaya pembelian materi baku sabun, biaya upah pekerja dan bagi yang memakai alat jet steam tentu saja ada biaya suplemen pemakaian listrik.

Hitung biaya pemakaian listrik alat steam Teknik Menghitung Pemakaian Listrik Jet Cleguar Steam Cuci Motor


Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa dengan memakai alat steam / jet cleguar ini membutuhkan pemakaian listrik yang tidak mengecewakan besar, mengingat alat ini dioperasikan dengan memakai sebuah dinamo yang digerakkan oleh energi listrik. Nah untuk memperjelas terkena seberapa sih banyaknya pemakaian listrik diberikut ongkos yang harus dibayarkan ke PLN untuk pemakaian listrik ini ? diberikut yaitu rincian detail penerapannya.

Teknik menghitung biaya listrik alat steam basuh motor


Mesin karcher k1 high pressure cleguar

Spesifikasi mesin jet cleguar
Daya Listrik      :     850 Watt
Tekanan             :     90 Bar Max
Kapasitas           :     300 liter/jam
Temperatur Maks     :     40 Celcius

#Diketahui :
Daya listrik mesin jet steam = 850 watt
Proses pembersihan untuk 1 unit motor kurang lebih 15 menit.
Biaya listrik per KWH untuk listrik berdaya 1300Va = Rp 1500 ( update biaya per januari 2017 )

#Perhitungan pemakaian listrik alat basuh motor

Untuk bisa menghitung pemakaian energi listrik rumusnya yaitu sebagai diberikut ;

Daya alat / 1000 ( KW ) x ( usang pemakaian ) x harga satuan per KWh
= 850/1000 x 0.25 jam x 1500
= Rp 318.75 rupiah

Makara untuk biaya pemakaian energi listrik JIKA mesin jet steam tersebut dipakai mencuci motor dan berputar secara terus menerus selama 15 menit an, biaya yang diperlukan spesialuntuklah sebesar 318.75 rupiah saja per unit, bahkan tidak hingga 400 rupiah.

Ini diasumsikan bahwa mesin jet steam menyala terus menerus selama 15 menit loh, padahal di lapangan kejadiannya sangat tidak sama, mesin kemungkinan spesialuntuk di gunakan menyemprot motor di pertama sebelum proses mencuci selama kurang lebih 3 menit an, dan untuk membilas pun mungkin spesialuntuk 7 menit an atau kurang lebih spesialuntuk sekitar 10 menit saja. Kita pakai estimasi selama 15 menit an agar lebih lezat hitung hitungnya dan untuk jaga jaga bila mesin memang dipakai selama itu untuk 1 unit motor.

Bila diasumsikan perjuangan basuh motor anda ramai dan dalam sehari bisa mencuci sebanyak 50 unit motor, untuk estimasi waktu usang mesin beroperasi secara estafet yaitu 15 menit x 50 unit motor = 12.5 jam maka kebutuhan pemakaian listrik hari itu yaitu kurang lebih spesialuntuk sekitar Rp 15.937 rupiah, atau dibulatkan spesialuntuk sebesar Rp 16.000 an saja. Lagi lagi ini untuk yang estafet, bagaimana jikalau cara mencucinya yaitu dengan menjejer 4 motor dan disemprot secara bersamaan ? tentu akan lebih irit dan efisien.

Ternyata penerapan energi listrik untuk mesin jet steam sangatlah murah sekali ya ? coba anda bandingkan dengan penghasilan basuh motor yang per unit dipatok dengan tarif Rp 10.000, maka untuk 50 unit motor tadi pemasukan anda sekitar 500 ribuan, dikurangi dengan biaya listrik sebesar 16 ribuan, manfaatnya sidah terang didepan mata sebesar Rp 484.000 rupiah.

Oh iya diatas spesialuntuk biaya pemakaian listrik saja, untuk biaya lain menyerupai pembelian sabun khusus basuh motor, pembelian semir ban, pembelian wax polis dan upah karyawan silahkan dihitung sendiri 😀 . Semoga bermanfaa dan selamat berusaha kawan, tidakboleh lupa di bagikan artikel ini ya.



0 Komentar untuk "Cara Menghitung Pemakaian Listrik Jet Cleaner Steam Basuh Motor"

Back To Top