Water Pump Kendaraan Beroda Empat Bocor, Awas Overheating Mengintai

Waspada mesin overheat - banyak sekali penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami gerah berlebihan atau overheating yang lalu membuat mesin kendaraan beroda empat menjadi mogok dan dalam kondisi yang sangat parah mesin kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan kembali akhir bengkoknya kepala silinder atau cylinder head mesin, sehingga kompresi mesin bocor ( hilang ).

Beberapa hal yang sanggup mempengaruhi kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami overheat yaitu sebab adanya kegagalan sistem pendinginan mesin, baik itu sebab adanya kebocoran pada sistem radiator, terjadi kerusakan pada komponen thermostat, atau adanya kerusakan pada belahan pompa air alias water pump sehingga proses sirkulasi pendingin terhambat.

 banyak sekali penyebab kenapa mesin kendaraan beroda empat mengalami gerah berlebihan atau overheating yan Water Pump Mobil Bocor, Awas Overheating Mengintai



Fungsi pompa air didalam mesin mobil

Fungsi utama dari water pump atau pompa air didalam sistem pendinginan mesin ialah sebagai alat pemompa dan mensirkulasikan air gerah dari dalam mesin menuju ke radiator, dan juga sebaliknya menghisap air yang sudah didinginkan dari dalam radiator dan dimasukkan kedalam mesin semoga suhu mesin tetap terjaga dibawah titik didih yang bisa mengakibatkan overheat.

Pompa air ini termasuk komponen yang simpel sekali rusak, terutama kalau anda menggunakan cairan air radiator sembarangan menyerupai menggunakan air sumur atau air yang mengandung materi organik penyebab karat sehingga didalam komponen pompa air ini timbul karat dan merusak kipas pompa air.

Pompa air yang sudah berkarat akan menurun kemampuannya dalam mensirkulasikan air pendinginan mesin atau bahkan hilang sama sekali, sehingga resiko mesin kendaraan beroda empat overheat semakin besar. Seperti kasus yang pernah penulis alami sesuai gambar diatas, sebuah pompa air kendaraan beroda empat Isuzu Panther yang sudah rusak sebab karat dan tidak bisa lagi memompa air dengan debit yang seharusnya sehingga mesin pun terjadi overheat.

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan sistem pendinginan mesin silahkan baca juga dibawah ini :

Maka dari itu semoga tidak terjadi kerusakan pada komponen water pump ini maka lakukan perawatan pada sistem pendinginan mesin dengan sebaik mungkin, terutama untuk cairan pendingin, tidakboleh sekali kali menggunakan air sembarangan. Gunakanlah air khusus radiator semoga tidak terjadi karatan didalam jalan masuk sistem pendinginan mesin. Semoga bermanfaa dan tidakboleh lupa dibagikan.


Tag : radiator
0 Komentar untuk "Water Pump Kendaraan Beroda Empat Bocor, Awas Overheating Mengintai"

Back To Top