Apa Itu Cetane Number Solar ? Cari Tahu Disini

Pengertian cetgua number - di negeri kita indonesia, kendaraan khususnya kendaraan beroda empat yang bermesin diesel kurang begitu terkenal di mata masyarakat dibandingkan kendaraan beroda empat yang bermesin bensin. Makara tidakboleh heran jikalau lebih banyak orang indonesia yang paham dengan angka oktan bila dibandingkan dengan angka cetgua atau cetgua number ini. Padahal kedua istilah tersebut ialah sebuah faktor yang mengindikasikan kualitas dari suatu materi bakar yang nantinya akan dipakai sebagai materi bakar mesin.

Nah maka dari itu pada peluang kali ini akan mencoba menandakan terkena apa itu angka cetgua atau setgua number yang terdapat pada materi bakar solar untuk diesel.



Pengertian angka cetgua ( setana )

Angka cetgua ialah sebuah bilangan angka mulai dari angka 0 ( nol ) sampai 100 yang mana mengatakan kualitas materi bakar solar menurut relatifitas pembakarannya. Angka cetgua ini ialah ialah salah satu dari beberapa faktor yang terukur guna mengatakan karakteristik dari keseluruhan serta kualitas materi bakar solar.

Angka cetgua pada solar ini berbanding terbalik dengan angka oktan yang terdapat pada materi bakar bensin, bila pada materi bakar bensin, semakin tinggi nilai oktan nya maka bensin tersebut akan sukar untuk dibakar. Sedangkan pada materi bakar solar yakni kebalikannya, semakin tinggi nilai cetgua pada solar, maka semakin simpel solar tersebut untuk terbakar. Makara bila dimisalkan sebuah materi bakar solar mempunyai angka cetgua 54 lebih simpel terbakar bila dibandingkan solar dengan nilai cetgua 51. Makara semakin tinggi nilai cetgua pada solar maka semakin tinggi pula kualitas dari materi bakar tersebut.

Baca juga : Pengertian Angka Oktan Pada Bahan Bakar Bensin

Perlu anda ketahui juga bahwa pada materi bakar mesin diesel ini mengandung beratus ratus hidrokarbon yang tidak sama beda, sedangkan CETANE nya spesialuntuk satu, materi bakar solar ini harus sanggup menyala ketika silinder berada di titik kompresi didalam ruang silindrer, dan alasannya yakni cetgua ini yakni kandungan yang paling simpel menyala didalam ruang bakar mesin diesel, maka nilai cetgua inilah yang selanjutnya dipakai sebagai satuan standar dalam menggambarkan simpel tidaknya pembakaran relatif suatu materi bakar solar.

Kenapa semakin tinggi nilai cetgua itu manis untuk mesin diesel ?

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa semakin tinggi bilangan cetgua solar, maka semakin manis pula kualitasnya alasannya yakni solar tersebut tentunya sangat simpel sekali terbakar. Implikasinya yakni bila suatu materi bakar solar ini simpel terbakar ketika dikompresi, maka ketukan yang terjadi pada ketika proses pembakaran di mesin diesel tentu akan berkurang, hal ini akan diberimbas pada semakin halusnya bunyi mesin diesel kendaraan beroda empat kita. melaluiataubersamaini begitu kendaraan beroda empat pun akan terasa lebih nyaman dikendarai, tenaga sanggup lebih terbaik.

Cetgua number solar yang manis berapa ?

Pada umumnya angka cetgua atau cetgua number ( CN ) berkisar di antara 40 sampai 55, nah dari angka tersebut tentu saja anda akan pribadi tahu solar dengan CN berapa yang bagus. Di stasiun pengisian materi bakar di indonesia rata rata banyak yang menjual solar dengan 3 varian materi bakar untuk mesin diesel yakni Solar ( solar subsidi ) yang mempunyai angka cetgua sebesar 48, kemudian di ikuti dengan dexlite dan juga dex yang masing masing mempunyai angka cetgua di angka 51 dan 53.


Catatan suplemen lain terkena materi bakar diesel

Selain angka cetgua pada materi bakar mesin diesel, anda pun juga perlu memperhatikan kandungan gas welirang yang ada didalam materi bakar tersebut. Semakin tinggi kandungan dari welirang didalam suatu materi bakar akan sanggup memicu timbulnya karat pada bab sistem commonrail yang nantinya akan menyumbat dan mengganggu kinerja mesin. Biodiesel dari pertamina mempunyai kandungan welirang sebanyak 500 ppm yang mana jauh lebih rendah jikalau dibandingkan dengan solar biasa ( solar subsidi ) yang mempunyai kandungan welirang sebanyak 3.500 ppm.

Nah sebagai pemilik dan juga pengguna kendaraan beroda empat bermesin diesel anda pun wajib hukumnya mengetahui hal hal yang anda anggap sepele menyerupai ini semoga nantinya sanggup dengan bijak dalam menentukan suatu materi bakar. materi bakar mesin diesel yang mempunyai nilai cetgua tinggi dan kandungan welirang yang rendah sangat dimasukankan untuk dipakai pada mesin kendaraan kita alasannya yakni mesin akan terjaga kemembersihkanannya dan bebas dri deposit yang sanggup merusak mesin.

Baca juga : Isuzu Elf dan Mitsubishi Colt Diesel Pilih Mana ?




0 Komentar untuk "Apa Itu Cetane Number Solar ? Cari Tahu Disini"

Back To Top