Apa Itu Pcd Pada Velg Dan Cara Mengukur Pcd Velg

Modifikasi velg mobil - bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi potongan velg kendaraan beroda empat tentu mengenal dengan yang namanya PCD. PCD ialah abreviasi dari Pitch Circle Diametre. PCD juga dikenal dengan istilah lain ibarat BCD ( Bolt Circle Diametre ), stud pattern, ataupun bolt pattern.

PCD pada sebuah velg kendaraan beroda empat ialah salah satu aspek penting selain offset, diameter tengah ( center bore ) dan juga dimensi velg ibarat diameter velg dan juga lebar velg, ketika anda akan memutuskan untuk mengganti velg kendaraan beroda empat secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dirumah dengan velg custom atau variasi non standar.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi potongan velg kendaraan beroda empat tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Teknik Mengukur PCD Velg


Yang perlu anda ingat ialah sebagus apapun model dari velg kendaraan beroda empat serta sekuat apapun material yang digunakan, bila PCD yang terdapat pada velg tadi tidak cocok, maka velg tersebut tidak akan bisa dipasang dan melekat dengan sempurna. Kecuali anda menambahkan spacer adaptor yang bisa mengakali bila PCD velg tidak sesuai.


Teknik menghitung PCD velg

Seperti yang sudah kita singgung pada pertama artikel tadi bahwa PCD ialah salah satu aspek penting ketika kita hendak mengganti velg mobil, sehingga andapun sebaiknya juga harus mengetahui bagaimana cara mengukurnya, lantaran ukuran PCD ini berbagai dan antar 1 kendaraan beroda empat dengan kendaraan beroda empat lainnya bisa tidak sama beda. Misalkan saja PCD yang ada pada kendaraan beroda empat Toyota fortuner pun bisa jadi tidak sama dengan PCD Isuzu MU-X.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi potongan velg kendaraan beroda empat tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Teknik Mengukur PCD Velg
Gambar cara hitung PCD velg mobil


Dalam mengukur sebuah PCD velg kita harus memperhatikan dua hal yaitu jumlah dari lubang baut atau hole yang ada, serta diameter bulat pada keseluruhan baut itu sendiri. Untuk menghitung hole sangat gampang, tinggal hitung saja berapa banyak lubang untuk mur roda yang terpasang, biasanya ada yang 4 lubang ibarat yang ada pada Toyota avanza, 5 lubang ibarat yang ada pada Toyota kijang innova atau 6 lubang ibarat yang ada pada Toyota fortuner.

Nah jika untuk mengukur diameter keseluruhan dari lubang baut ( PCD ) tadi perlu keahlian dalam menghitungnya? Sebab anda memang tidak akan melihat adanya sebuah bulat untuk dihitung diameternya. PCD ini ialah ukuran diameter bulat dari masing masing lubang baut yang membentuk pola ibarat lingkaran, lalu kita tarik garis lurus antara dua buah baut yang posisinya paling terjauh dan dihitung dalam satuan ukur milimeter.

Pengukuran PCD ini lebih praktis dilakukan pada velg yang mempunyai 4 atau 6 lubang baut ketimbang yang mempunyai 5 lubang baut. Untuk teladan pengukuran silahkan lihat gambar dibawah ini. Jika anda tidak tahu dan masih bingung, silahkan serahkan kepada sang ahli, cukup anda hadir ke bengkel kendaraan beroda empat ataupun toko velg variasi dan meminta tolong untuk mengukurkan PCD roda kendaraan beroda empat anda.

Sedikit citra untuk ukuran PCD velg yang umumnya digunakan untuk kendaraan beroda empat diantaranya ialah :
4 x 100 mm, 4 x 114,3 mm, 5 x 114,3, 5 x 139,7 mm, 6 x 139,7 mm, 6 x 139,7 mm.


Dual PCD Pada Velg Mobil

Ada jenis velg custom yang mempunyai ukuran PCD lebih dari satu atau yang sering disebut dengan istilah dual PCD. Velg dual PCD ini ialah sebuah velg yang mempunyai lubang baut atau hole ganda dan mempunyai dua ukuran PCD yang tidak sama, basic nya ialah pada hole velg standar yang digandakan. misal, untuk velg custom single 4 hole, untuk versi yang dual PCD tentu akan mempunyai 8 lubang baut ( hole ), begitu juga dengan yang ukuran single PCD mempunyai hole sejumlah 5, maka untuk versi dual PCD nya tentu saja mempunyai 10 hole atau lubang baut.

 bagi sebagian modifikator khususnya modifikasi potongan velg kendaraan beroda empat tentu mengenal dengan ya Apa Itu PCD Pada Velg Dan Teknik Mengukur PCD Velg
misal velg dual PCD untuk kendaraan beroda empat dengan 4 baut roda


Kelebihan velg dual PCD ini ialah velg tersebut bisa dipasangkan di lebih dari 1 jenis kendaraan yang mempunyai ukuran PCD tidak sama, sebagai teladan velg dual PCD dengan ukuran PCD nya 8 x 100-114, ini artinya velg dual PCD tersebut sanggup dipasangkan ke kendaraan beroda empat yang mempunyai ukuran PCD pada velg standar 4 x 100 ataupun yang mempunyai PCD standar ukuran 4 x 114.

Penggunaan velg racing replika

Karena mahalnya harga dari velg custom dipamasukan banyak para owner kendaraan beroda empat yang lalu menjatuhkan pilihan mereka pada velg replika atau non asli, biasanya buatan taiwan. Walaupun tidak tiruananya, velg replika ini rata rata sangat rawan pecah dijalan terutama ketika kendaraan beroda empat digunakan dalam kecepatan tinggi dan menghantam lubang. Oleh lantaran itu bila anda jatuh hati dengan sebuah model velg kendaraan beroda empat dimana harga ori nya sangat mahal, pastikan anda membeli velg replika yang berkarakter.

Baca juga : INI ancaman menggunakan velg replika pada mobil

Nah demikian ulasan wacana PCD yang ada pada velg mobil, semoga bermanfaa untuk anda yang ketika ini sedang galau untuk mencari tahu bagaimana cara mengukur PCD velg mobil. untuk artikel lain seputar velg kendaraan beroda empat silahkan anda baca daftarnya dibawah ini :






Tag : ban, modifikasi, velg
0 Komentar untuk "Apa Itu Pcd Pada Velg Dan Cara Mengukur Pcd Velg"

Back To Top