Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil

Jenis Dongkrak Mobil - untuk mengangkat kendaraan beroda empat bisa dilakukan dengan dua cara, cara pertama ialah dengan memakai sebuah lift khusus kendaraan beroda empat yang lebih efisien namun spesialuntuk sanggup dilakukan di bengkel mobil, dan yang kedua ialah dengan memakai sebuah dongkrak yang bisa dilakukan dimanapun, termasuk di jalanan ketika kendaraan beroda empat anda mengalami kebocoran ban.

Pada umumnya dongkrak manual terdiri dari 3 jenis yang dua diantaranya paling sering disertakan kedalam peralatan standar darurat di jalan raya yakni dongkrak jenis botol, dongkrak jenis gunting dan yang terakhir dan jarang dibawa oleh kendaraan beroda empat eksklusif ialah dongkrak model buaya. Dari ketiga jenis dongkrak ini pun mempunyai kelebihan serta belum sempurnanyanya masing masing.


1. Dongkrak Botol (Botle Jack)

Sesuai dengan namanya yakni botol, maka bentuk dari dongkrak ini mirip dengan sebuah botol yang diletakkan secara berdisi, dengan sistem hidrolis yang pengoperasiannya dengan memompa tuas khusus sehingga sanggup dipakai untuk menaikkan body kendaraan ketika dibutukan. Untuk menurunkan kembali sangat mudah dan cukup dengan memutar knop atau baut pembebas tekanan, maka dongkrak akan secara otomatis turun.

 untuk mengangkat kendaraan beroda empat bisa dilakukan dengan dua cara Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil


Kelebihan yang dimiliki dari dongkrak jenis ini yakni bentuknya yang simpel dan mudah sehingga membuat banyak pemilik kendaraan beroda empat memili dongkrak jenis ini untuk disimpan dan dibawa didalam kendaraan beroda empat mereka kemanapun mereka pergi. Selain bentuknya yang praktis, kemampuan dongkrak ini dalam mengangkat beban cukup bisa diandalkan, bahkan kendaraan berat mirip bus atau truk pun dilengkapi dengan dongkrak jenis botol ini untuk peralatan standar darurat di jalan. Harga yang ditawarkan dari dongkrak model ini juga tidak mengecewakan terjangkau oleh kantong.


2. Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting ini sering pula dinamai dengan dongkrak ketupat atau dongkrak model jembatan sebab desain yang dimilikinya mirip guting ataupun ketupat. Dongkrak jenis ini termasuk dongkrak manual non hodrolis, untuk cara mengoperasikannya kita harus memutar ulir baut biar dongkrak bisa mengangkat beban body mobil.

 untuk mengangkat kendaraan beroda empat bisa dilakukan dengan dua cara Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil


Kelebihan dari dongkrak ini ialah harganya yang paling murah diatara kedua jenis dongkrak lainnya, bentuknya yang sangat ringkas dan ialah jenis dongkrak standar darurat mobil, jenis kendaraan beroda empat yang memakai dongkrak model ini diantaranya ialah Toyota avanza, dan Daihatsu Xenia. Kekurangan dari dongkrak jenis ini ialah kemampuannya dalam mengangkat beban sangat terbatas dan rawan sekali rusak, selain itu pengoperasiannya juga memerlukan tenaga lebih ekstra untuk memutar baut penggeraknya.


3. Dongkrak Buaya ( floor jack )

Jenis dongkrak yang terakhir yang akan kita bahas kali ini ialah dongkrak model buaya sebab bentuknya yang mirip dengan buaya yang sedang membuka mulutnya ketika dioperasikan menaikkan mobil. Menggunakan sistem hidrolis yang dimenolong dengan lengan ayun yang lebih panjang sehingga kemampuan dongkrak ini dalam mengangkat kendaraan beroda empat sangat bisa diandalkan dan enteng.

 untuk mengangkat kendaraan beroda empat bisa dilakukan dengan dua cara Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil


Kelebihan dari dongkrak model buaya ini ialah kemampuannya serta keamanan nya yang terjamin ketika dipakai untuk mendongkrak mobil, Kekurangan dari dongkrak buaya ialah harganya yang sangat mahal serta bentuknya yang bongsor membuat dongkrak ini tidak mudah dibawa didalam kendaraan beroda empat pribadi, kecuali kendaraan beroda empat truk dan pick up. Dongkrak ini sangat cocok dimiliki oleh anda yang membuka perjuangan bengkel mobil, atau eksklusif yang suka mengotak atik kendaraan beroda empat sendiri dirumah.



Tag : understeel
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis Jenis Dongkrak Mobil"

Back To Top