Amankah Memakai Air Buangan Ac Untuk Radiator Mobil

Air AC untuk radiator - radiator ialah salah satu dari sekian potongan yang sangat vital untuk menjaga dan memelihara biar mesin kendaraan beroda empat sanggup abadi dan tidak simpel rusak akhir pemanasan yang berlebih.

Secara sederhana fungsi radiator ini ialah untuk menstabilkan suhu mesin kendaraan di suhu optimal atau suhu kerja, dan mencegah mesin kendaraan mengalami overheat atau gerah berlebih yang sanggup membuat kepala silinder bengkok.

 radiator ialah salah satu dari sekian potongan yang sangat vital untuk menjaga dan memelih Amankah Menggunakan Air Buangan AC Untuk Radiator Mobil


Radiator mesin kendaraan ini juga tidak akan sanggup bekerja tanpa adanya cairan pendingin atau water coolant sebagai masukana mendinginkan suhu mesin, penggunan cairan pendingin ini oleh manufaktur direkomendasikan untuk menggunakan cairan khusus radiator lantaran dengan menggunakan cairan khusus ini sanggup menjaga ruang mesin terhindar dari karat.

Bagaimana dengan air membuangan AC untuk radiator ?Banyak juga yang merekomendasikan menggunakan air membuangan AC rumahan untuk dipakai mengisi radiator kendaraan baik itu kendaraan beroda empat maupun motor. Bahkan beberapa teknisi di bengkel resmi maupun bengkel umum menyatakan hal yang sama, yakni air membuangan AC sanggup dipakai untuk mengisi radiator, lantaran air membuangan AC ini layaknya air suling yang bebas dari kandungan material menyerupai pasir yang sanggup menjadikan kerusakan di sistem pendingin mesin.

Bila anda tertarik untuk menggunakan air membuangan AC untuk mengisi cairan radiator kendaraan, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal diberikut :

Pastikan anda menampung air membuangan AC ini pada wadah yang membersihkan dari kotoran. Sebab percuma jikalau anda menggunakan bejana kotor untuk menampung air membuangan yang membersihkan, yang pada balasannya kotor juga akhir tergabung kotoran yang menempel di bejana tadi.

Pastikab bahwa AC dirumah kalian tidak mengalami kebocoran yang membuat kotoran atau minyak malah akan mengotori air membuangan AC yang kalian tampung yang ditakutkan malah merusak radiator kendaraan beroda empat atau motor.

Sebelum mengisi air membuangan AC ke radiator, pastikan kalian sudah membleding atau memmembuang cairan radiator yang usang hingga membersihkan dari karat dan endapan lumpur karat.

Kerugian mengisi air membuangan AC untuk radiator

Meskipun air dari membuangan AC ini membersihkan layaknya air suling, namun tetap saja yang namanya air biasa bila terkena besi akan menjadikan timbulnya karatan meskipun dalam jangka waktu yang lama. Dan juga air biasa ini titik didihnya terbaik ialah 100 derajat celcius, tidak sama dengan cairan khusus water coolant yang mempunyai titik didih diatas itu.

Perlu diketahui bahwa cairan khusus watercoolant ini ialah cairan yang diformulasikan secara khusus untuk sistem pendinginan yang terbaik dan teruji. Bahkan beberapa produk water coolant mempunyai titik didih diatas 100 derajat celcius dan ada juga yang anti freeze atau anti beku ( untuk negara bersalju ). Sehingga bila dibandingkan elok mana menggunakan air membuangan AC atau air khusus radiator, kita tidak sanggup eksklusif menyatakan bahwa water coolant lah yang terbaik.

Banyak hal yang perlu diperhatikan, terutama riwayat kendaraan. Untuk kendaraan beroda empat lawas yang tidak terang menggunakan air apa radiatornya, sebaiknya bila menggunakan watercoolant tetal harus ditambah dengan air biasa, hal ini biar mesin tidak menjadi korosif lantaran bila hingga ada karat di susukan pendingin akan langaung rontok dan terangkat oleh watercoolant.

Untuk kendaraan beroda empat gres yang sedari pertama sudah menggunakan watercoolant, sebaiknya anda gunakan spesialuntuk watercoolant.

Kesimpulan final adalah, air membuangan AC elok untuk radiator dibandingkan air sumur ataupun air PDAM, dan lebih elok lagi jikalau menggunakan watercoolant. Semoga bermanfaa.



Tag : radiator
0 Komentar untuk "Amankah Memakai Air Buangan Ac Untuk Radiator Mobil"

Back To Top