Cara Atasi Tuas Kopling Motor Keras

Penyebab kopling motor keras - berkendara kendaraan roda dua alias sepeda motor tentu rasanya lebih yummy memakai kopling manual, namun disisi lain memakai motor dengan kopling manual ini membutuhkan skill dibandingkan berkendara dengan motor jenis lain, contohnya motor angsa semi otomatis maupun motor matik.

 berkendara kendaraan roda dua alias sepeda motor tentu rasanya lebih yummy memakai kop Teknik Atasi Tuas Kopling Motor Keras


Dan dalam penerapannya pada motor ber kopling manual sering kali mengalami beberapa duduk masalah yang salah satunya ialah keras / berat nya tuas kopling ketika dioperasikan sehingga membuat tangan kita simpel capek dan kram.

Baca juga : Teknik ampuh membersihkankan injektor motor yang kotor

Banyak sekali penyebab kenapa tuas kopling ini terasa keras yang diantaranya dikarenakan faktor perawatan yang kurang atau jawaban adanya perubahan pada sistem kopling yang sudah dimodifikasi. Untuk mengatasi tuas kopling keras alasannya ialah dua tersebut sudah kami rangkumkan dibawah ini.

1. Mengatasi tuas kopling keras alasannya ialah faktor perawatan

Hampir dapat dipastikan pengguna motor kopling manual sangat jarang sekali merawat penggalan sistem koplingnya, hal yang paling sederhana menyerupai melumasi penggalan dalam kabel kopling pun mereka tidak pernah melakukannya. Hal ini akan membuat air yang masuk kedalamnya mengendap dan menyebabkan karat, nah karat karat inilah yang nantinya akan mengganggu kinerja kabel kopling sehingga menjadi keras dan berat ketika dioperasikan.

Bila anda ialah pemilik pertama dari motor kopling manual dan mengalami problem menyerupai ini, langkah untuk mengatasinya ialah dengan melaksanakan pelumasan pada penggalan dalam kabel kopling dengan memakai pelumas khusus, oli atau dapat memakai cairan WD40 sembari dimain mainkan tuas koplingnya sampai seret nya menghilang. Namun kalau tidak hilang dapat jadi kabel kopling tersebut sudah rusak dan waktunya diganti dengan yang baru.

2. Mengatasi tuas kopling keras setelah dimodifikasi

Penyebab tuas kopling menjadi keras selanjutnya ialah dikarenakan adanya perubahan atau modifikasi di penggalan sistem koplingnya, contohnya saja alasannya ialah motor yang sudah diseting dengan setelan racing dan mempunyai tenaga yang besar, tentu mengganti per kopling yang lebih keras guna mengakomodasi tenaga yang keluar dari mesin harus dilakukan, dan efek penggantian per kopling inilah yang menjadikannya lebih berat dari sebelumnya.

Untuk mengatasi tuas kopling yang keras jawaban modifikasi di penggalan per kopling, anda dapat melaksanakan perbaikan dengan cara yang sama dengan cara diatas guna memastikan bahwa kondisi kabel koplingnya bekerja dengan baik. Lalu melaksanakan sedikit perubahan di penggalan tuas kopling penggalan bawah yang menancap di blok mesin motor yakni dengan melaksanakan perpantidakboleh tuas tersebut sehingga ketika dioperasikan kopling menjadi lebih enteng.

Namun kalau cara kedua diatas dirasa masih belum membuat tuas kopling motor anda menjadi lebih enteng, ada jalan lain lagi yang dapat kalian lakukan biar tuas kopling motor yang sudah dioprek menjadi lebih enteng, yakni dengan jalan mengganti kabel kopling konvensional dengan yang hidrolik.

Baca juga : 5 Jenis busi terbaik untuk sepeda motor

Nah cukup simpel bukan cara mengatasi kopling motor yang keras baik itu alasannya ialah kabel kopling yang kurang kerawatan ataupun dikarenakan modifikasi di penggalan per koplingnya. Semoga bermanfaa, tidakboleh lupa di menolong share artikelnya dan terima kasih sudah berkunjung.



Tag : tips motor
0 Komentar untuk "Cara Atasi Tuas Kopling Motor Keras"

Back To Top