Kasus Rem Bus Dan Truk Blong Siapa Salah ?

Rem bus dan truk blong - sering kali kita bahkan hingga bosan mendengar diberita diberita terkena kendaraan besar sekelas truk dan juga bus yang mengalami rem blong, yang mengakibatkan berbagai kecelakaan baik itu kecelakaan tunggal menyerupai kendaraan yang terbalik hingga kecelakaan beruntun yang memakan korban jiwa. Lalu kenapa sih rata rata dari tiruana jenis kendaraan, jenis bus dan juga truk yaitu jenis kendaraan yang sering mengalami rem blong ?

 sering kali kita bahkan hingga bosan mendengar diberita diberita terkena kendaraan besar sek Kasus Rem Bus Dan Truk Blong Siapa Salah ?
Piston rem truk bawah, gambar kiri masih manis dan gambar kanan sudah berkarat


Rem kendaraan besar yang populer sering mengalami rem blong ini sanggup diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor malfungsi dari sistem pengereman, hingga faktor kelalaian si sopir dalam mengoperasikan kendaraan besar yang pada kesannya mengakibatkan terjadinya rem blong.


1. Rem truk blong alasannya yaitu malfungsi

Salah satu penyebab rem kendaraan besar sekelas truk dan juga bus yang terjadi rem blong biasanya dikarenakan adanya kerusakan atau malfungsi dari sistem pengereman yang dikarenakan jarangnya kendaraan tersebut di servis. Anda tentu susah tahu bahwa kendaraan niaga menyerupai truk dan bus kebanyakan si pemiliknya jarang memperhatikan servis rutin, mengingat hampir setiap hari dipakai untuk bekerja, kebanyakan pemilik kendaraan berfikir daripada kendaraan tersebut diservis dan malah kehilangan omsetnya, lebih baik tetap nekat dioperasikan saja. Walaupun tidak tiruana pemilik kendaraan besar melaksanakan hal ini, namun rata rata memang demikian adanya, terutama mereka yang mempunyai truk berusia tua.

2. Rem truk blong akhir kelalaian sang sopir

Didalam berkendara tentu ada atran hukum yang perlu ditaati oleh tiruana pengguna jalan, jalanan umum apalagi yang kondisinya lenggang tentu membuat berbagai sopir kebut kebutan, dan disaat ada hal genting contohnya akan bertabrakan dan melaksanakan pengereman mendadak dalam jarak yang cukup jauh, hal ini sanggup membuat penggalan sistem rem mengalami overheating dan mengakibatkan rem menjadi blong.

 sering kali kita bahkan hingga bosan mendengar diberita diberita terkena kendaraan besar sek Kasus Rem Bus Dan Truk Blong Siapa Salah ?
Kondisi piston master rem bawah rusak, indikasi macet dan penyebab rem blong


Atau ketika truk melewati jalanan tanjakan ataupun turunan dimana sang supir kurang lihai dalam mengemudikan truk, sanggup juga menjadikan truk tadi meluncur entah itu mundur maupun maju, sehingga sang sopir pun menjadi gelagapan dan melaksanakan hard bracking, hard bracking di tanjakan sangat rawan mengakibatkan rem menjadi overheat dan blong, sehingga dimasukankan bagi pengemudi melaksanakan metode pengereman memakai engine brake dan disusul dengan exhaust brake terlebih lampau, sebelum mengerem dengan memakai pedal rem.

Dari keduanya diatas, memang rem truk blong tidak sanggup diprediksi, bahkan truk yang gres saja di servis pun terkadang sanggup blong rem nya, nah semoga terhindar dari rem truk ngeblong, sebaiknya kita selalu memperhatikan jadwal servis terencana truk maupun bus, serta membekali si sopir dengan ilmu serta metode mengemudi yang baik, termasuk terkena bagaimana cara mengambil tindakan ketika terjadi rem blong.

Baca juga : Teknik spooring truk dan bus sendiri dengan meteran

Sampai disini semoga goresan pena diatas sanggup bermanfaa dan tidakboleh lupa untuk di menolong share artikelnya, terimakasih dan salam otomotif.



Tag : sistem rem
0 Komentar untuk "Kasus Rem Bus Dan Truk Blong Siapa Salah ?"

Back To Top