Penyebab Baut Dan Mur Dol Terputar Ditempat

Penyebab mur dan baut rusak - pernahkah anda ketika melaksanakan perbaikan pada sebuah kendaraan dan mendapati mur yang hendak anda buka malah dol alias terputar ditempat dan tidak kunjung keluar ?

Memang sangat menjengkelkan sekali jikalau kita sedang fokus melaksanakan perbaikan, ditambah pikiran sedang tidak serius dan mur yang sedang anda buka malahan dol. Lalu apa sih yang menjadi penyebab mur rusak terputar ditempat alias dol ini ?



Penyebab mur menjadi dol berbagai faktornya, namun kebanyakan yang menjadi pokok duduk kasus yakni cara pemasangan yang tidak sempurna sebelumnya, contohnya doloe sebelum anda yang bongkar sudah ada yang pernah melaksanakan pembongkaran dan pemasangan, nah ketika dilakukan pemasangan ini kurang presisi dan ngasal sehingga mur tadi susah untuk dikencangkan, namun tetap saja dipaksakan. Sehingga ketika dibuka lagi malah menjadi dol.


Penyebab kedua kenapa mur menjadi dol yakni lantaran kesalahan kita sendiri dalam membuka mur tersebut, salah satu contohnya yakni ketika anda hendak membuka mur, namun di penggalan ulir bautnya terdapat kotoran menyerupai daki atau bahkan pasir dan sedikit karat. Bila hal ini tetap dipaksakan pasir pasir yang melekat tadi akan ikut masuk kedalam ulir ketika mur dibuka dan mengganjal, selanjutnya pasir ini membuat ulir menjadi melipat dan hasilnya rusak.


Nah semoga tidak terjadi mur atau baut menjadi dol yakni selalu berhati hati baik dalam membuka maupun memasangkannya kembali. Bila anda hendak membuka mur, pastikan ulir yang ada di penggalan baut tidak terdapat kotoran pasir, ataupun karatan. Jika ada sebaiknya anda membersihkankan lampau, sanggup dengan menyemprotnya memakai cairan penetrant dan menggosoknya dengan sikat baja.


Begitupun ketika anda melaksanakan pemasangan kembali mur ataupun baut, usahakan mur atau baut tadi sanggup dengan simpel dimasukkan dengan memakai tangan setidaknya tiga hingga empat ulir / putaran, gres kemudian sanggup mengencangkan memakai kunci manual ataupun impact. Pastikan sebelum memasang anda menilik apakah ada ulir baik itu yang terdapat pada mur ataupun baut, bila ada yang rusak sebaiknya diperbaiki terlebih lampau memakai SST.


Dan yang paling penting yakni tidakboleh mengencangkan baut maupun mur terlalu kuat, alasannya yakni hal ini sanggup berakibat rusaknya drat atau ulir menjadi tercabut dan menciptakannya macet dan dol. Untuk kekencangan baut cukup kencangkan dengan memakai tangan, dan lebih manis lagi jikalau memakai SST torsion kafetaria atau momen, yakni sebuah tools khusus yang sanggup dipakai untuk mengencangkan mur / baut sesuai dengan standar kekencangan yang sesuai dengan petunjuk pengencangan.


Bagaimana mengeluarkan baut / mur yang sudah terlanjur dol ?


Hal ini tergantung dengan situasi dan kondisinya. Bila yang dol yakni baut tanam kita sanggup memakai menolongan tukang las, atau sanggup dilakukan pengeboran dan memaksa baut tersebut keluar, gres kemudian jikalau ada kerusakan pads ulir sanggup diperbaiki atau di buatkan ulir ulang. Kalau untuk mur yang dol dan spesialuntuk terputar ditempat saja, kita harus melihat situasinya, jikalau memungkinkan untuk digerinda semoga mur tadi sanggup di congkel ( dibelah ) maka silahkan digerinda.

Baca juga : Waspada kendaraan beroda empat tak bawa ban serep, pengemudi sanggup di tilang

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa mur dan baut sanggup dol. Semoga bermanfaa.


0 Komentar untuk "Penyebab Baut Dan Mur Dol Terputar Ditempat"

Back To Top